Hati-hati, Kirim Barang ke Luar Negeri Bisa Dikenai Bea Keluar!

Kirim Barang ke Luar Negeri Bisa Dikenai Bea Keluar!

Setiap barang yang masuk atau keluar ke atau dari Indonesia akan dikenai bea masuk untuk import dan bea keluar untuk export. Untuk kirim barang ke luar negeri, Anda harus mengetahui apakah barang tersebut dikenai bea keluar atau tidak. Barang yang dikenai bea keluar tertera dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 67/PMK.011/2010 yang kemudian dirubah menjadi PMK Np.128/PMK.011/2011 mengenai penetapan barang ekspor apa saja yang dikenai bea keluar dan besar dari tarif bea keluar.

Salah satu yang bisa dikenai bea keluar berdasarkan pada UU Kepabeanan diantaranya adalah rotan, kayu, kulit, crude palm oil, kelapa sawit, biji kakao dan produk keturunannya. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghitung bea keluar yaitu menggunakan cara advalorum dan spesifik. Cara advalorum merupakan pajak dengan presentasi tertentu seperti 5%. Sedangkan tarif spesifik menggunakan besaran pajak berdasarkan pada satuan barang. Akan tetapi, umumnya, perhitungan bea keluar adalah menggunakan perhitungan advalorum.

Perhitungan dari tarif bea keluar berdasarkan pada presentasi advalorum (harga export) dan secara spesifik, yaitu:

  • Advalorum: Tarif bea keluar X jumlah dari satuan barang x HE (harga ekspor) per satuan barang X Nilai Tukar dari Mata uang.
  • Secara spesifikasi: Tarif Bea keluar yang dihitung per satuan barang dalam satuan dari mata uang tertentu X Jumlah dari satuan barang X Nilai tukar dari mata uang.

Baca juga: http://www.yukmenulis.com/hak-paten-dan-perlindungan-undang-undang.html

HPE atau harga patokan ekspor dijadikan patokan Dirjen Bea dan Cukai atas nama Menteri keuangan untuk harga ekspor dan HPE tersebut ditentukan secara periodik oleh Menteri perdagangan yang berkoordinasi dengan menteri atau kepala lembaga pemerintah ini kementrian atau kepala badan teknis yang terkait.

HR (harga referensi) merupakan harga rata-rata internasional atau dan harga rata-rata dari bursa komoditi tertentu di dalam negeri sebagai penetapan tarif bea keluar yang ditetapkan berkala oleh Menteri perdagangan yang bekerja sama dengan menteri/kepala badan teknis/kepala lembaga pemerintahan non departemen. Sehingga, jika sebelum Anda kirim barang ke luar negeri dan setelah 1 bulan berakhir Menkeu belum menetapkan tarif bea keluar dan HE, berarti keputusan terakhir tarif bea keluar dan HE masih berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *