Mengenal Tahapan Sterilisasi Dan Kriteria Bahan Yang Perlu Disterilisasi

Mengenal Tahapan Sterilisasi Dan Kriteria Bahan Yang Perlu Disterilisasi

Sterilisasi kering atau panas adalah sterilisasi dengan udara panas atau suhu yang sangat tinggi, sehingga membuat sel-sel mikroorganismen menjadi dehidrasi  dan selanjutnya akan menjadi proses oksidasi. Sterilisasi kering dengan panas ini dapat menciptakan kondisi yang bersih/steril dari mikroorganisme, bebas dari pirogen dan partikulat.

tahapan sterilisasi

Untuk metode sterilisasi kering yang banyak digunakan yaitu metode oven dan tunnel sterilizer. Mekanisme sterilisasi kering ini terjadi melalui proses konduksi panas, dimana panas yang tercipta akan diabsorpsi oleh permukaan luar dari alat atau benda yang disterilkan kemudian merambat ke bagian dalam permuakaan sehingga sampai pada suhu untuk sterilisasi dimulai.

Sterilisasi kering atau panas sering digunakan untuk mensterilkan alat atau bahan yang tidak dapat untuk disterilkan dengan metode steam(uap)panas serta alat atau benda-benda yang terbuat dari bahan kaca. Pembahasan selanjutnya akan dijelaskan mengenai kriteria bahan yang disterilkan, instrumen sterilisasi, tahapan dalam sterilisasi ,jenis sterilisator kering.

Untuk kriteria bahan yang dapat disterilkan dengan sterilisasi kering meliputi beberapa hal sebagai berikut :

  1. Intrumen yang dapat rusak oleh uap panas
  2. Tidak untuk bahan yang terbuat dari plastik
  3. Bahan yang terbuat dari kaca, porselen atau logam
  4. Bahan serbuk
  5. Bahan minyak
  6. Injeksi berbasis minyak

Instrumentasi dalam sterilisasi kering

  1. Pengukur temperatur
  2. Oven dengan temperatur konsisten
  3. Amp meter
  4. Mono meter
  5. Generator dioktilftalat
  6. Penampung partikel
  7. Velo meter
  8. Takomete

Selanjutnya tahapan dalam sterilisasi

  1. Tahapan pemanasan

Pada tahap pemanasan udara dihasilkan melalui mekanisme listrik dan sirkulasi chamber

  1. Tahapan plateu (sterilisasi)

Kemudian berlanjut pada tahapan plateu atau sterilisasi yang akan dimulai ketika sensor mendeteksi tercapainya batas suhu untuk sterlisasi.

  1. Tahap equilubrum

Saat suhu seluruh chamber memiliki suhu yang sama maka tahapan equilubrum akan berakhir

  1. Tahap pendinginan chamber

Fase pendinginan setelah proses sterilisasi selesai.

Jenis sterilisator kering

Sterilisator kering atau panas memilki dua jenis atau macamnya yaitu sterilisator kering 1 pintu dan 2 pintu. Kedua jenis sterilisator ini memilili perbedaan dalam hal volume atau daya tampung. Sterilisator kering 1 pintu memiliki daya tampung yang lebih kecil. Selain volume, harga sterilisator kering 1 pintu lebih murah dibandingkan dengan yang 2 pintu. Untuk salah satu merk sterilisator kering yang cukup terkenal yaitu merk serenity.

Sterilisator serenity biasanya yang terdapat dipasaran memiliki 2 pintu atau termasuk dalam jenis sterilisator 2 pintu. Harga sterilisator kering serenity termasuk terjangkau karena tidak terlalu mahal dibandingkan dengan merk lainnya. Jadi yang sedang mencari sterilisator kering merk ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai sterilisasi kering atau panas semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat bagi setiap yang membacanya, terima kasih. Sekedar informasi bagi anda yang membutuhkan alat sterilisasi, anda bisa cari di toko alat kesehatan yang jual autoclave murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *